PKS paling didukung oleh Dunia Pekerja

Masalah dunia kerja merupakan sisi strategis yang berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat. Dimana bila suatu komunitas masyarakat memiliki dunia kerja yang sehat, maka mereka memiliki kesempatan untuk memperbaiki kehidupannya dan meraih kondisi penghidupan yang lebih baik.

Pemetaan dan penjaminan lapangan kerja seringkali luput dari perhatian pemerintah. Seringkali pertumbuhan suatu kota lebih didominasi kepentingan pertumbuhan kota secara fisik dan mengabaikan kesertaan warga masyarakatnya dalam pertumbuhan kota tersebut. Akibatnya yang terjadi adalah pertumbuhan kota yang semakin meminggirkan warga masyarakatnya.

Pertumbuhan mall dan pertokoan yang gencar dilakukan pemerintah kota Bandung pada akhir-akhir ini juga dinilai mengabaikan peran serta masyarakat dalam menumbuhkan kotanya. Sehingga setiap ruang yang ada dan tumbuh bukan semakin mensejahterakan warganya tapi semakin membuat penghidupan yang sulit dan berat. Kemudian biasanya diakhiri dengan terpinggirkan dan tidak lagi terlibatnya warga masyarakat kota dalam pertumbuhan kotanya.

Hal tersebut kemudian melahirkan kesulitan lapangan kerja dan pengangguran. Disamping itu pekerjaan yang ada tidak tumbuh dan tidak menjanjikan masa depan. Kemudian kebanyakan ekonomi masyarakat bergantung kepada pekerjaan di sektor informal dengan keberlangsungan usaha yang sangat rentan. Pola-pola saluran bisnis dan perputaran ekonomi meminggirkan warga masyarakatnya dan lebih memihak kepada pemilik modal kuat. Dari kondisi seperti itu sangat memungkinkan terciptanya psiko-sosial yang rentan konflik dan tindak kriminal.

Padahal dalam UUD ’45 pasal 33 ayat-1 menyebutkan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Sehingga semestinya pertumbuhan suatu kota merupakan refleksi dari meningkatnya kemampuan warga masyarakatnya. Semuanya disusun dalam suatu rencana pertumbuhan yang dibuat bersama antara pemerintah dan warga masyarakat.

 Jadi fokus perhatian bukan pada kemajuan bentuk fisik kota dan indikator makro ekonomi semata. Tapi kemajuan ditunjukkan dengan meningkatnya kapasitas dan kapabilitas warganya yang ditunjukkan dengan hasil kerja mereka. Hal itu ditunjukkan dengan produk-produk unggul yang dihasilkan warga masyarakat itu sendiri baik dalam bentuk perusahaan, koperasi, ukm, pribadi, dsb.

Berikut ini kami sampaikan, mengapa agenda politik perbaikan PKS apakah itu pilkada, pemilu dan pilpres harus didukung rakyat Bandung seluruhnya:

  1. Berdasar survey kompas yang dipublikasikan pada momen hari buruh kemarin, PKS menjadi partai pilihan kalangan buruh dengan prosentase 7% sementara partai lain hanya 4% dan dibawah itu.
  2. Tiga Serikat Pekerja secara institusi telah membuat MoU untuk memperjuangkan nasib pekerja bersama PKS. SP tersebut adalah: Serikat Pekerja Nasional (SPN), Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI), dan Serikat Pekerja Logam, Elektrik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SP-LEM-SPSI).
  3. Sejumlah Serikat Pekerja telah bersama-sama sukses mendukung pilkada PKS di beberapa tempat. Diantaranya yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja (ASP-JABAR) yang terdiri dari 16 elemen SP dan komunitas pekerja, telah mendukung kemenangan HADE pada pilgub Jabar.
  4. PKS telah membina hubungan dengan ALP atau Partai Buruh Australia. Kedua belah pihak telah saling melakukan kunjungan. Terakhir kunjungan ALP pada hari Rabu, 21 Mei 2008 yang lalu dipimpin oleh DR. Michael Morgan.
  5. Tertuang dalam Falsafah Dasar Perjuangan dan Platform Kebijakan Pembangunan PKS yang dinilai sejalan dan segaris dengan perjuangan aktivis pekerja.
  6. Kemampuan dan keberadaan kader yang dilengkapi dengan materi pembinaan yang dimiliki PKS memadai untuk mengelola hubungan dunia kerja yang harmonis.
  7. Posisi dan pengalaman pak Taufik sebagai pekerja, dinilai lebih merepresentasikan posisi dan kondisi masyarakat. Sehingga bisa digalang semangat bersama untuk membenahi situasi dan kondisi dunia kerja yang lebih aman, nyaman,  harmonis, maju dan unggul demi kesejahteraan urang Bandung.
  8. Calon yang diusung oleh PKS merupakan orang baru dalam pemerintahan namun dengan pengalaman memberikan kontribusi bagi masyarakat yang teruji. Hal ini memberikan peluang untuk mengeluarkan solusi yang tegas, jernih dan berpihak.
  9. Fenomena kemenangan PKS di beberapa tempat memberikan keyakinan dukungan yang lebih berarti dan memberikan harapan. Sekaligus menunjukkan arah keberpihakan sebagian besar masyarakat yang menginginkan perbaikan. Tentu saja ini sejalan dengan karakter perbaikan yang akan dilalui, yakni memerlukan waktu dan integralitas penanganan dari pemerintah kota, provinsi dan pusat.
  10. PKS dengan lingkungan ilmiahnya yang kental dan aktivitas lapangannya yang mengakar, akan mampu menset-up ulang pemetaan dunia kerja yang memberikan penghidupan bagi warga masyarakat. Seiring dengan itu ditengah motivasi dan kesertaan masyarakat yang baik, dunia kerja itu akan tumbuh dengan subur dan unggul. Kemudian pemetaan dunia kerja dan majunya dunia kerja akan mudah ditangkap oleh dunia pendidikan.

~ by VIQEN on July 15, 2008.

9 Responses to “PKS paling didukung oleh Dunia Pekerja”

  1. terimakasih kang gerilyanya di dunia internet. gabung milis sobattrendi@yahoogroups.com yah. Masih belum terkoordinir nih kang…butuh bantuan relawan yang aktif seperti akang.

    terimakasih…

  2. kok masih sepi dan minimalis?
    boleh ikutan mengadmini?

  3. sengaja dibuat minimalis agar terfokus kepada isi materi. mudah-mudahan dengan efektif memberikan paradigma berpikir yang benar.

  4. […] PKS paling didukung oleh Dunia Pekerja […]

  5. kenapa mesti PKS sih,…yang paling banyak ditulis di dunia maya sama pendukungnya.

    mana ya kira-kira pendukung muda dari berbagai partai lain. Klo gak salah ada 34 partai khan?

  6. ikhtiar dg segala potensi telah yg Alloh beri,maka Alloh jua yang akan memenangkan!!!!!

  7. Ayo kemapa sulit masuk………..!

  8. blogwalking…

  9. kami adalah tentara Alloh
    siap melangkah menuju ke medan juang
    walau tertatih kaki ini berjalan
    jiwa perindu syahid tak akan tergoyahkan

    wahai tentara Alloh bertahanlah
    jangan menangis walau jasadmu terluka
    sebelum engkau bergelar SYUHADA
    tetaplah bertahan dan bersiap siagalah

    Ayo Semangat…

    Allahu Akbar…

    Kang bolehkah saya copy paste kan ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: