Memilih Pemimpin yang Dipercaya

Kepercayaan muncul dari keyakinan atau iman dalam hati. Kepercayaan yang paling memuaskan hanya bisa didapat dari sang Maha Penjamin, Allah SWT. Sehingga akan sangat tepat bila pilar-pilar penopang kepercayaan itu kita kembalikan kepada aturan Allah SWT. Sehingga menentramkan dan memberikan jaminan keselamatan dunia dan akhirat.

PESAN_TRENdi: “Allah pmilik kkuasaan mutlak&mnghendaki mnsia brpran sbg wakilNYA dbumi. Shg mnsia dpt mngklaim punya kkuasaan ktk dgunakn dmi mmnuhi khendakNYA”

Hakikat dari kepemimpinan sebetulnya mewakili rencana besar Allah SWT atas rencana pengembangan alam semesta ini. Sehingga kekuasaan hanya diberikan keberkahannya kepada pemimpin yang dekat dengan Allah SWT. Ia mempelajari dengan sungguh-sungguh tentang keIslaman dan menunjukkan untuk menjadi muslim yang baik. Kalau dia mampu khutbah Jum’at, berakhlakul karimah, biasa shalat berjama’ah, ini awal dari indikator baik tentang agamanya. Jangan mengambil resiko dengan pribadi yang tidak jelas dan tidak kuat keberagamaannya.

PESAN_TRENdi: “Allah menumbangkan semua yang tidak dapat ditumbangkan-Nya melalui AlQur’an dengan perantaraan negara.” (alHadits)

Ternyata Allah SWT sangat berkepentingan dengan kepemimpinan ini. Hampir dari sebagian besar ayat dalam Al-Qur’an berupa larangan dan perintahnya menjadi tidak akan terlaksana ketika tidak diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Segala keburukan, kemaksiatan dan kedzaliman tidak akan hilang kecuali diterapkannya aturan antar hubungan manusia melalui aturan kepemerintahan. Sehingga jelas fungsi dari kepemimpinan adalah fungsi menjalankan ayat-ayat Al-Qur’an di muka bumi. Semuanya untuk kebaikan dan kesejahteraan manusia juga.

PESAN_TRENdi: “Penguasa itu bayangan ALLAH SWT di muka bumi, di mana orang yg tertindas akan meminta perlindungan kepadanya”

Mereka yang mampu menghadirkan kasih sayang dan rahmat Allah di muka bumi, itulah penguasa yang berkah. Allah melimpahkan kekuasaan kepadanya untuk menolong yang tertindas. Karena kecenderungan dunia ini akan menekan yang lemah. Sehingga hanya karena keinginan yang kuat dari seorang pemimpin sajalh yang mampu menyeimbangkan kondisi seperti itu menjadi lebih seimbang.

PESAN_TRENdi: “Brngsiapa yg mngangkt ssorg u/mngurusi prkara kaumMuslimin, smntr dia mndptkn org yg lbih layak &ssuai, mk dia tlh brkhianat kpd Allah &RasulNya”

Disinilah sebetulnya seorang warga yang akan menentukan pemimpin harus benar-benar jeli dan betul-betul membersihkan hati dan motivasi. Karena kesalahan memilih pemimpin hampir identik dengan tidak bersama Allah dan Rasul. Pemahaman yang lengkap tentang pribadi pemimpin, tentang integritas akhlaknya, tentang keIslamannya. Terutama tentang kedekatannya dengan Allah SWT. Walaupun susah mencari indikatornya, tapi insya Allah dengan istikharoh, dengan berdo’a kepada Allah untuk ditunjukkan pemimpin yang tepat, kita bisa ditunjukkan dengan nyata.

PESAN_TRENdi: “Ssungguhnya ku utus pr pjabat kpd klian u/mngajari kitab Tuhan &Sunah Nabi saw srta mnegakn ajaran agama diantara klian smua” Umar bin khatab

Tidak ada yang lebih penting dari sebuah kepemimpinan adalah membawa mereka semua bersama-sama sejahtera di dunia dan kembali berkumpul bersama-sama di Surga. Ketika ada seorang warga yang masuk neraka, seorang pemimpin akan ditanyakan apa saja yang sudah dilakukan olehnya sehingga ada warga yang dipimpinnya masuk neraka. Maka pilih pemimpin yang mampu menunjukkan kita arah yang benar.

PESAN_TRENdi: “Ketahuilah, ssungguhnya syariah itu pokok &raja itu pnjaga. Sst yg tdk punya pokok akn hancur &sst yg tdk ada pnjaganya akn musnah”  imam Ghazali

Seorang pemimpin tidak berdiri sendiri. Tapi ia berada dalam satu paket antara adanya aturan yang harus dijalankan dan adanya entitas yang menjaga aturan itu berjalan. Keterpurukan yang terjadi saat ini merupakan akibat dari lemahnya pokok-pokok pemikiran yang dijadikan prinsip oleh kehidupan manusia. Bahkan kemudian setelah berpegang kepada prinsip yang lemah, kemudian dijaga oleh penjaga yang khianat. Maka munculah segala keterbelakangan dan kerusakan. Baik terhadap alam semesta maupun dalam hubungan antar manusia. Maka saatnyalah sekarang kita kembali kepada pokok yang kuat dan pemimpin yang mampu menjaga.

~ by VIQEN on July 22, 2008.

3 Responses to “Memilih Pemimpin yang Dipercaya”

  1. Nah… kalau walikota atau bupati menjanjikan pendidikan gratis/murah, pengobatan gratis, dll untuk membantu rakyat yang berada dibawah garis kemiskinan, baru DAPAT DIPERCAYA karena APBD pada hakekatnya ada didaerah. Manakala Calon Gubernur yang menjanjikan akan sangat sulit untuk direalisasikan, karena Gubernur tidak punya kewenangan memaksa Wlikota/Bupati.

    Sok lah kang Taufik, kang Deni didoakeun ku abdi mugi berhasil dina raraga bakti ka masyarakat, melayani masyarakat bukan seperti yang sudah-sudah meminta upeti (pungli) dari masyarakat dan minta dilayani oleh masyarakat sok lah sing kompak sareng HADE nya?

    Wassalam,
    Sari di Depok anu bade milih aranjeun

  2. Saya dahulu terkesan dengan PKS dengan partai islamnya …. islam gitu lho. Tapi mengamati beberapa kali PKS mengikuti pemilihan kepala daerah, kok saya jadi kecewa dengan cara berkampanye dan berslogan ala PKS yang menurut saya jauh dari nilai nilai islami. Berulang ulang saya amati untuk keyakinan saya sendiri, dan hasilnya menurut saya PKS memang partai islam, tapi tidak mengamalkan nilai nilai islam yang luhur. Sering menjelekan lawan politiknya, “menghalalkan segala cara”, memberikan infomasi yang tidak akurat dll.

    Maaf kali ini saya tidak memilih PKS, semoga PKS dapat mencerminkan nilai nilai islam yang luhur sesui dengan plate formnya

  3. menurut saya, justru karena dukungan dan simpati terus mengalir dan semakin banyak. memang eksesnya adalah bentuk dukungan itu bisa beraneka ragam. dan mungkin sebagiannya terpancing emosi akibat dari intrik-intrik di pilkada yang suka main black campaign.
    seperti pak taufik yang diisukan orang padang, yang tadinya diharapkan ada penolakan dari urang Bandung. tapi kenyataannya urang Bandung tetep ngadukung malah kemudian menambah besar arus simpati dari kalangan orang padang.
    kemudian abu yang diisukan keturunan liem sioe liong, yang tadinya diharapkan ada penolakan dari urang Bandung. tapi kenyataannya urang Bandung tetep ngadukung malah kemudian menambah besar arus simpati dari kalangan orang tionghoa di Bandung. malah trendi disambut tarian barongsay.
    sejauh saya menjadi relawan trendi dan berhubungan dengan tim sukses trendi dipihak manapun dari mulai tingkat kota Bandung, kecamatan, sampai ke tingkat kelurahan dan RW/RT semuanya diinstruksikan hanya untuk menambah nilai positif dari trendi.
    jadi mesti dipahami PKS didukung oleh banyak kader, pendukung, simpatisan, dan masyarakat umum yang mencintai kebaikan. namun mereka semua bisa saja terpancing melakukan kesalahan. tapi saya sangat yakin mereka semua adalah orang orang yang ikhlas berjuang untuk perbaikan ini. kemenangan PKS dalam beberapa pilkada akhir-akhir ini menunjukkan arah dan kecenderungan pilihan politik masa dan daya kohesi PKS semakin baik.
    semuanya kembali kepada anda masing-masing, bergabung dari sekarang atau tertinggal dalam barisan besar perbaikan bangsa ini menuju sejahtera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: