AMERIKA KRISIS, INDONESIA BANGUN

Amerika boleh krisis, tapi kita harus bangun. Negara kita sudah terlalu sulit dan menderita dengan kualitas kehidupan yang terus menurun. Banyak orang kehilangan pekerjaan dan sulit memperoleh penghasilan akhirnya hanya bisa melamun. Ada yang berontak dari keadaan berbuat kriminal dan jadilah penyamun.

Diujung gang yang sering kelewatan kalau berangkat kerja, tinggallah Mang Adun. Mengontrak sebuah rumah petak yang dikontrak pertahun. Dia hidup bersama seorang istri dengan berjualan bihun. Mereka jualan dengan mengandalkan minyak tanah yang dibeli dari Haji Sami’un. Ketika minyak tanah sudah tidak ada lagi mereka mulai kesulitan menjalankan dagangan dengan business-plan yang sudah dia susun. Mana untuk dapat gas juga susahnya minta ampun.

Mang Adun. Memang korban urbanisasi dan sudah puluhan tahun pergi dari dusun. Mang Adun adalah sosok manusia terpinggirkan ditengah persaingan hidup dari bangsa serumpun. Apalagi hanya dengan modal pendidikan dan wawasan yang kurang sekali sehingga membuatnya muncul sebagai sosok culun. Tapi namanya juga Mang Adun. Dia bisa bertahan dan memang edun.

Ada juga Junaedi biasa dipanggil Bang Jun. Asalnya dari Jawa Timur tepatnya kota Madiun. Kerja di pabrik tekstil yang bikin kain katun. Dia menjadi operator sebuah mesin tenun. Akhir-akhir ini terlihat sering berdiam diri sambil manyun. Sambil melototin terus bosnya yang agak tambun. Walaupun kita semua ngerti utangnya juga bejibun.

Rupanya si bos yang punya pabrik itu mau menutup pabriknya karena penjualan terus menurun. Katanya di pasaran kalah bersaing sama negara-negara serumpun. Di mana produk kita tida bisa bersaing lagi dan sulit menembus negara-negara maju dan negara-negara gurun. Kalau pabriknya tutup bukan Bang Jun aja yang pusing, termasuk juga para maklun. Termasuk juga orang-orang yang biasa menampung majun.

Waduh… masalah terus datang dan datang lagi bikin mumet sampai ke ubun-ubun. Tapi bukan orang Indonesia kalau ngga bisa bertahan dan tetap hidup rukun. Asal kebeli makan sehari-hari dan masih bisa mandi pakai sabun. Ngga usah ambil pusing walau masalah bejibun.

Inilah modal bangsa ini sebagai warisan dari karuhun. Tetap bisa bertahan dalam keadaan sesulit apapun. Memang ada juga penyakit yang sulit disembuhkan seperti kurang tekun. Konon kita memang bangsa yang kreatif jadi keunggulannya bukan pada sisi kerjaan yang monoton seperti tekun.

Cuma yang repot bangsa kita juga masih penuh mistis dan percaya dukun. Sampai kemudian masuk TV dan memakai jaringan henpun. Ini kembali simbol kreatifnya bangsa kita walau kurang dituntun.

Jangan sampai mata kita rabun. Melihat peluang kita bisa keluar dari masalah dan eksis sebagai bangsa kampiun. Kita cuma punya masalah berhutang beberapa triliun. Tapi kita punya semangat bertahan hidup dengan tanah air yang luas untuk sekedar berkebun.

Itu semua yang akan membuat kita unggul dan diakui oleh semua bangsa serumpun. Juga diakui semua bangsa yang tergabung dengan UN. Bahkan dibanggakan negara-negara kaya minyak yang di gurun-gurun. Apakah itu kaya akibat minyak bumi atau minyak zaitun. Bahkan diakui oleh makhluk-makhluk yang ada ruang angkasa sekalipun.

Tapi untuk para blogger semua, saya bikin tulisan ini bukan hanya untuk memperbaiki saya punya akun. Betul-betul melalui tulisan ini saya berharap kita menyadari apa yang bisa kita lakukan dengan perubahan yang radikal namun santun. Karena saya yakin kita mulai dari blog untuk membuka wawasan dan saling berbagi sehingga kita dapat gambaran yang lengkap walaupun gambarnya masih kartun. Tapi yang pasti kita bisa berkumpul dalam suatu komunitas yang semakin baik, setelah itu kita bisa berangkat menuju kehidupan yang lebih baik dari sebuah stasiun.

Namun. Sebelum berkahir, sengaja tulisannya saya buat berakhiran un. Agar enak didengar kaya sebuah pantun. Kalau ada salah-salah kata dan ada yang tidak nyambung mohon dimaafkan dan mohon ampun. Semuanya sudah saya tuliskan, kalau orang jawa bilang, sampun. Hatur nuhun. Sampurasun…

 

Tulisan serumpun:

https://trendibandung.wordpress.com/2008/10/16/this-is-the-american-crisis-untuk-indonesia-menangis/
https://trendibandung.wordpress.com/2008/10/20/krisis-amerika-menegur-politik-di-indonesia/

~ by VIQEN on October 23, 2008.

44 Responses to “AMERIKA KRISIS, INDONESIA BANGUN”

  1. Semangat Indonesia
    Harapan itu Masih Ada
    Yakin kan Sejahtera

  2. HIDUP INDONESIA, SEMOGA INDONESIA SELALU BISA BANGKIT!!!

  3. un..un..un…
    bangsa kita harus bangkit. saya yakin ..10 tahun mendatang, saya akan tinggal di sebuah negeri yang keren!!! dan itu harus Indonesia!!!!!!😀

  4. Wow… butuh pemikiran yang luar biasa nih untuk mampu merangkai kata dan kalimat dengan berakhiran ‘un’ disetiap kalimatun. Mang Adun dan Bang Jun… harus tekun. Manfaatkan anugrah yang telah diberikan Allah kepada setiap manusia secara adil, yakni Otak untuk di optimalkun..Allah sangat adil dengan memberikan jumlah sel yang sama, kapasitas yang sama, sistem kerja yang sama pada setiap manusia, baik dia terlahir normal… ataupun yang terlahir prematur.. un.
    Jadi, anugrah itu harus dimaksimalkan untuk peka terhadap keadaan dan mau terus menerus belajar..un. Buktinya Kang Andrie Wongso, nggak lulus SD sekalipun..
    Eh… malah motivasi – motivasinya sangat ditunggu oleh banyak orang, baik dari kalangan pelajar, pendidik, profesor, doktor, pengusaha, atau pun para pejabat negarun..
    Setuju pun… kita harus bangun…

  5. Tak ada yg tak mungkin apabila kita tekun. Untuk mewujudkan mimpi yg telah kita bangun. Cekap semanten, sampun..🙂

  6. semoga pun Indonesia kita bisa segera bangun, jangan terus terjun, semoga kita bisa hidup rukun, tidak mudah dikibulin dukun…

    dengan usaha dan doa, yalin kita bisa jadi apapun,
    ya ampun saya jadi ikut-ikut pun…

    baiklah, semoga kita semua bisa memberikan sumbangan pada bangsa ini, sesuai dengan bakat dan kemampuan yang kita punya…

  7. ya ampun…
    saya yg jadi tertegun…
    ada postingan yg pasti dibuat dengan tekun….
    bangsa ini memang harus bangun…
    bangun dari tidurnya yg selama berpuluh2 tahun….
    jangan jadi bangsa yg hanya bisa gumun….
    bergerak lebih baik dari diam, kita bisa mencontoh dari yg ada pada sajak-sajak un ini.

  8. indonesia bangun..

    bangun dari mimpi panjang
    bangun untuk berusaha
    bangun agar bisa terus berjuang.

  9. 🙂

    Semangat..!

  10. ampuuuuun…

  11. ketika aku buka akun
    saya jadi tertegun
    ada tren di bandung
    kiranya ada link bersambung

    judulnya indonesia bangun
    bangun dari tidur dan melamun
    dan harus rajin menabung
    biar bisa hidup bersambung
    terimakasih aja deh buat tren di bandung

    aku link blognya boleh bung ????

    =======
    jalan-jalan ke alun-alun
    sungguh indah kota bandung
    terima kasih indah mengalun
    atas komen sudi berkunjung

    niup suling
    perut kembung
    mau ngeling
    boleh banget bung

  12. ya ampun …
    ternyata berakhiran un semuanya?
    salut-salut….🙂

  13. kreatif kn yg buat
    *muji2*

  14. saya akan memulai dengan mengajar gitar anak anak pemulung … agar jika mereka mengamen maka nada yang keluar adalah nada yang pantas untuk dibayar .. .

    ========
    mulailah bergerak kita membangun. dengan yang sederhana ngajarin anak jalanan di perempatan atau alun-alun. biar nyanyi bener dan nada indahpun terdengar mengalun. uangpun mengalir dengan beruntun. terima kasih untuk mba rindu yang sebening embun.

  15. Hm.. I like this.. (Ngomong sambil pasang gaya full ke amrik2an gitu..)

    Ada semangat dan energi positif dibanyak keputusasaan melihat kusutnya masalah bangsa ini.

    Andaikan semangat dan energi positif ini bisa menjalar dan memberi getarnya pada para pemimpin bangsa ini (disemua bidang), alangkah sebenarnya mudah untuk menjadikan bangsa ini besar dan bukan sekesar besar wilayahnya atau besar jumlah penduduknya saja…

    Andaikanlah para pemimpin kita semua ternata sudah pada ndableg dan tertutup telinga dan mata hatinya, mudah2an getarnya bisa mencapai jiwa2 dan sel-sel dalam tubuh para manusia muda bangsa ini, untuk nanti (entah kapan) pada masanya memimpin bangsa ini menuju kejayaannya…

    Salam kenal,
    Nugroho

    ========
    dunia blogger bisa memulai untuk membangun. membentuk komunitas yang berpikiran jernih, memikirkan kemajuan dan berbahasa santun. mari kita terus mengasah diri kita untuk terus menjadi yang terbaik dan kampiun. melahirkan argumen, gagasan yang membuat bangsa dan dunia kagum dan tertegun. salam kenal p Nugroho atas smangat yang menggelora bak api unggun!!!

  16. pantas merasa ada yang ganjil, ternyata saya sadari akhiran katanya un semua😆

    Tapi kalau berbicara tentang Indonesia, seakan tidak ada habisnya. Dari morat-maritnya perkembangan ekonomi, krisis multidimensi dan berbagai hal yang bahkan kita tidak pernah pikir sebelumnya; seperti kasus lapindo.

    Hanya saja, dari sisi positif sekarang mulai terlihat di pedesaan. Saya cukup salut dengan program PNPM yang disalurkan oleh pemerintah dengan cara mendidik masyarakat untuk maju dengan memberikan kail dan bukan ikan. Karena yang diperlukan oleh Indonesia sekarang sebenarnya adalah para pengusaha, masyarakat yang mandiri dan bukan para kalangan politikus. Tentu saja tidak menutup mata dengan naiknya gaji guru & dosen yang disusul dengan peningkatan perysaratan pendidikan untuk ke dua hal yang penting tersebut.

    Salam🙂

  17. Terima kasih untuk berbagi pemikiran sambil berpantun.
    Susah lho mikirian kalimat berakhiran un. Asal jangan disudut sana ada yg ikutan senyum2 ternyata gelombolan penyamun.
    Hun..hun..hun.. (ketawa maksa versi ‘un’)🙂

  18. komplit. politik, pantun, opini, sastra, harapan.
    sayangnya.., harapan perubahan radikal namun santun belum terungkapkan..
    artikel selanjutnya mungkin?:mrgreen:

  19. Let’s save our nation

    Bangsa Indonesia .. ayo bangun….
    Jangan jadi edun…
    :mrgreen:

  20. bangun apanya kang? semoga bukan semangat premannya spt kajari itu.. halah..

  21. Semangat….Semangat… Indonesia ku….
    Kita Tinggal Amerika n’ sekutunya….
    Waktunya kita bangkiiiiiiiiiittt…..
    Merdeka…. *obsesi narator* huehuhuehue

  22. dari semua yang berakhiran un sebelum titik, ada yang meleset, kisanak.
    baris ke empat dari bawah :
    […]Sebelum berkahir. […]
    nah, kan ?
    sorry nih, nggak ngomentarin kontennya, hehe…😀

    ========
    ke tekape segera sy turun. apa yang ditemukan oleh kaulanun. hatur nuhun…

  23. Ni postingan ngingetin gw sama salah satu lirik lagu yang judulnya ‘Mosh’….semangat pemuda untuk memajukan bangsa…

    “Come along follow me as I lead through the darkness. As I provide just enough spark that we need to proceed. Carry on, give me hope, give me strength. Come with me and I won’t steer you wrong. Put your faith and your trust as I guide us through the fog. To the light at the end of the tunnel. We gonna fight, we gonna charge, we gonna stomp, we gonna march. Through the swamp, we gonna mosh through the marsh. Take us right through the doors” – Marshal Matters II a.k.a eminem

  24. Indonesia Bangkit dong
    http://www.asephd.co.cc

  25. em… ternyata Bahasa Indonesia itu saling terkait ya satu sama lain. keren Andri… kok bisa ya…?

  26. Yuhuuuiiii…
    Saya juga yakin kok, kalo masa keemasan bukan gak mungkin dialami juga oleh Bangsa Indonesia! Karna itu, ayo banguuuuunnnnn!!!!!😀

  27. logika sederhana krisis mata uang..

    barang lokal hanya bisa dibeli dengan uang lokal
    barang luar hanya bisa dibeli dengan uang luar
    perdagangan antar negara bersifat BARTER dengan perjanjian.
    yang merugikan jika barang lokal dibeli dengan mata uang asing/dollar karena sebenarnya kertas mata uang asing tidak berharga tanpa perjanjian dan kesepakatan yang jujur dan adil.

    jaman dulu emas adalah nilai tukar untuk perdagangan.. lama-lama emas mengumpul di bank-bank yang kemudian dijadikan patokan eksistensi perbankan. selanjutnya bank mengeluarkan nilai tukar berupa kertas untuk lebih praktis.
    namun dalam perkembangannya tersentral pada mata uang dollar sehingga jika dollar bergejolak dan ada unsur permainan/politik yang mempengaruhi ekonomi dunia.
    untuk itu perlu dibentuk nilai tukar mata uang regional yang direncanakan bisa menghadapi gejolak ekonomi yang negatif.

    dalam ekonomi makro suatu negara yang sangat dirasakan masyarakat kecil dalam kelangsungan hidup dan para pengusaha yang menghidupi banyak orang butuh perlindungan pemerintah untuk tidak terlalu disetir oleh perdagangan bebas mata uang.
    dunia akan membaik ketika nanti dollar tak berlaku sebagai patokan nilai tukar yang akan dikembalikan pada emas sebagai patokan mata uang dunia.

    untuk masyarakat yang memakai nilai mata uang asing untuk pembelian diharapkan menerapkan standar ganda yang lebih mahal dengan prosentase wajar untuk ambil untung, dan untuk perdagangan besar akan diatur oleh negara yang sekaligus untuk menjalin hubungan bilateral antar negara yang lebih bersahabat.

  28. biarkanlah AS krisis sampe pikun
    negeri kita Indonesia harus terus bangun
    biarkan AS mumet dan minta ampun
    Indonesia harus bangun menjadi kampiun

    ========
    biar krisis sehebat apapun
    orang Indonesia tidak akan takut sedikitpun
    karena di sektor riil banyak yang terjun
    yang kerja dengan memakai kaki sampai ke ubun-ubun
    mereka kerja dari mulai pagi masih berembun
    sampai tengah malam sekalipun
    dari jual sayuran, martabak sampai goreng bihun

  29. hatur nuhun…

  30. semangat!

  31. hai…
    dah ada postingan baru, lho, di blog-ku,
    mampir aja….

  32. Indonesia sudah terbiasa babak belur. Jadi gak terasa. Bisa bangun kalau penghuninya mau jadi manusia pembelajar sejati; jadi manusia yg menghargai proses; jadi manusia yg mementingkan prestasi. Sebetulnya gak sulit, cuma beberapa males. Sayangnya orang spt itu bnyk yg jadi pemimpin. Bangkit! Eh, salam kenal ya. Juga buat pembaca.

  33. biar bagaimanapun..
    kita tetap bersemangat membangun!
    😀

  34. kreatif … tetap semangat

  35. hehe iya nih baca blog jadi kayak baca pantun, berakhiran un semua, pastinya, kita emang harus terus membangun dan bekerja keras, separah apapun krisis, tp sayang, masih banyak yg percaya dukun, percaya sama Alloh donk, oke deh thanks ya

  36. yup semangat!!!🙂

  37. Ah si Akang..nu ieu mah hese kang diturutan na🙂

  38. Assalamualaikum
    Ada Satu Filosofi yang saya temukan pada tahun 1992 (16 Tahun) yang lalu.

    “Ambillah Kue Di Glasstop yang sama dan makanlah dalam piring yang berbeda, Ambillah Syirup Itu dalam Tekoh yang sama dan minumlah dalam gelas yang berbeda”

    Untuk membangun bangsa ini untuk menjadi lebih besar tidak selalu harus menyamakan apa yang menjadi karakter kita. Yang terpenting visi kebangsaan kita sama, visi bernegara kita sama, sedangkan karakter bagaimana mencapai visi itu seperti syirup tadi mari kita minum dengan gelas masing-masing. ga perlu dan ga penting dengan gelas yang sama.

    Kita Bekerjasama dengan hal-hal yang kita sepakati
    Kita Menghormati Dengan hal-hal yang tidak kita sepakati

    Hatur Nuhun Pak Andri

    Best Regards,
    Adi Supriadi / Ahmad Muhammad Haddad Assyarkhan
    http://www.rabbanionline.blogspot.com
    E-Mail : assyarkhani@gmail.com / assyarkhan@yahoo.com
    Mobile : 081573530788

  39. nggak tau harus comment apa… aku speechless kalo ngomongin soal krisis di Amerika ini… solanya nggak ngerti…
    aku cuman berusaha dengan baik melakukan apa yang ada di depan mata dengan sebaik2nya… *nggak nyambung kan jadinya*

    Salam kenal, makasih udah beberapa kali mampir ke blog-ku…🙂

  40. ‘Un’ nya datang berduyun-duyun…

    ========
    malah nin juga datang dengan tanwin kasrah pada huruf nun.

  41. Pak… padunan katanya itu loh… pinter banget bikinnya….
    Memang G.W Bush aja minta ajarin SBY buat ngatasin krisis…
    Kenapa nggak minta ajarin Mang Adun ajah ya yang tiap hari bergelut dengan krisis…hi..hi..hi…

  42. […] AMERIKA KRISIS, INDONESIA BANGUN […]

  43. Tapi.. Ada pengaruhnya lho buat Indonesia..

  44. ck, ck.. keren..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: