BERTARUNG HANYA UNTUK JAGOAN ULUNG

Kedalaman ilmu dapat mempercepat proses adaptasi dan penguasaan pekerjaan yang dilaksanakan. (Tanri Abeng)

Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau lingkungan sekitar anda tetap hadir dalam suasana pertarungan. Perusahaan tempat anda bekerja berada dalam pertarungan bisnis yang kejam. Maka ketika bekerja, anda harus siap dalam semua pertarungan yang ada.

Pertarungan atau kompetisi hanya dibuat untuk jagoan atau orang yang memiliki kompetensi atau memiliki keahlian. Yang tidak memiliki keahlian, yang tidak memiliki kompetensi hanya akan dijadikan bulan-bulanan saja. Petarung akan datang dengan hebat dan semakin hebat. Sehingga diperlukan pondasi penopang kompetensi tadi, yakni ilmu, keterampilan, dan perilaku.

Sangat bodoh, bila bertarung/bekerja tapi anda tidak mengerti cara memenangkan pertarungan. Atau anda tidak mengerti keberhasilan pekerjaan yang diamanahkan. Ketika anda memulai pekerjaan sebagai penjahit, kuasai segala sesuatu hal berkaitan dengan ilmu menjahit. Kemudian tingkatkan terus kemampuan anda dan lengkapi dengan kemampuan-­kemampuan di sekitar pekerjaan itu. Misalnya cara mengatur pekerjaan, mencapai target, memotivasi orang, memperbaiki mesin, dsb. Semakin banyak ilmu yang dikuasai semakin mudah menyelesaikan amanah kerja kita.

Biarlah amanah kita kecil tapi ilmu kita jauh lebih luas dari itu. Biarlah amanah kita menangani 1 tim, tapi kita faham proses bisnis satu departemen atau satu perusahaan secara utuh. Tidak perlu merasa berlebihan, karena inilah modal pengembangan karier. Seiring dengan berjalannya waktu, pertarungan yang terus naik kelasnya akan melatih keterampilan kita. Anda akan lebih cerdas memakai berbagai alat untuk selesaikan masalah dan mencapai target.

Tapi yang terpenting, pertarungan hanya akan dimenangkan oleh mereka yang memiliki mental juara. Perilaku atau akhlak kita akan menjamin semua prasyarat tadi menjadikan kemenangan. Terus tambah ilmu, berlatih dan bertarung. Anda harus menjadi pekerja ahli, jagoan ulung

 

~ by VIQEN on November 4, 2008.

4 Responses to “BERTARUNG HANYA UNTUK JAGOAN ULUNG”

  1. BUSHI DO –> `Way` of the warrior.

    bagi anda yg menekuni seni beladiri, tentunya makfum pada idiom `dmn ada kemauan, disana ada jalan`
    bagi anda yg tergolong pendekar sejati, tentunya mengerti pd konotasi `msh ada langit di atas langit`.

    bagi anda yg paham mengapa ada istilah `jurus rahasia/pamungkas`, tentunya paham mengapa tidak di ajarkan pd level pemula.

    ALasannya: supaya tidak disalahgunakan. Maka itu, jgn lah bermalas2an dan jgn lah angkuh.

  2. sippp…

    lagi-lagi…,
    saya ikut belajar… !

  3. ini juga berlaku utk urusan nge-blog juga kan..?🙂
    salam kenal
    saya juga belajar

  4. Duh kang, bener euy…didieu mah resep banyak yang asyik-asyik buat dibaca, jadi tambah betah wae yeu……Tos ah…ieu mang mo ada sesuatu buat akan, nah sekarang giliran akan yah…
    Met malem, maaf mengganggu sebentar, ini mang dari ciamis jawa barat mo bikin acara dalam rangka memperingati hari Pahlawan tanggal 10 Nopember nanti, untuk detailnya bisa dilihat disini http://shannypersonalblog.wordpress.com/2008/11/02/menyambut-hari-pahlawan/, semoga bisa bergabung dalam acara tersebut yang merupakan wujud kepedulian kita sebagai blogger terhadap perjuangan para pahlawan bangsa, kalo berkenan juga tolong untuk di infokan kepada yang lain, terima kasih, wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: