BLOGGER AND THE CITY

Potensi Besar dari Komunitas Blogger

Hampir semua blogger dapat dipastikan bahwa ia adalah warga sebuah kota. Dengan predikat sebagai seorang blogger yang terus ditempa jalan pemikirannya dan diasah cara mengekspresikan pemikirannya, maka komunitas ini akan menjadi penopang peradaban sebuah kota. Dimana kehidupan kota yang nyaman memang memerlukan ide-ide besar, memerlukan sebuah wadah diskusi yang hangat dan membangun serta memerlukan partisipasi aktif warganya.

Dengan bertambahnya waktu, kematangan bloggerpun semakin muncul dan terekspresikan dalam postingan, komentar dan bentuk-bentuk lainnya. Pemikiran yang terekspresikan dalam konten postingan pun terasa semakin berisi dan semakin dibutuhkan.

Namun pelajaran terbesar adalah bagaimana interaksi dan komunikasi antar blogger yang terjalin. Dimana komunikasi dalam komunitas ini dimulai dari budaya menulis yang merupakan simbol masyarakat yang dewasa dan beradab. Kemudian melahirkan konten komunikasi yang berisi dan mengandung manfaat pencerahan. Dan akhirnya menggiring kepada pola interaksi dan komunikasi yang sehat dan membangun kemajuan individu dan kebersamaan.

Sementara ini, dalam realitas sosial yang ada di masyarakat kita seringkali benturan dari interaksi dan komunikasi sosial selalu mengerucut kepada kondisi-kondisi yang tidak sehat. Bisa terjadi interaksi dan komunikasi tanpa isi dan dengan konten yang hampa.

Atau bisa terjadi mereka berinteraksi dengan membawa konten yang masing-masing bagus namun bersebarangan. Tapi interaksi dan komunikasinya selalu terus di belahan yang berbeda. Masing-masing tetap berada di alam pemikirannya sendiri-sendiri. Dan tidak berusaha menemukan titik tengah untuk sepakat, atau mencari kesimpulan baru yang menaungi dua kebenaran berbeda. Atau bahkan kesimpulan baru yang diluar kedua pendapat yang berbeda tersebut.

Intinya, komunitas blogger bisa menjadi sarana untuk mengasah pemikiran, memperbaiki sudut pandang dan memperluas cakrawala wawasan. Dalam waktu yang bersamaan mereka berinteraksi dengan blogger lain dan pengguna internet lainnya untuk mengasah kematangannya dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Kematangan interaksi dan komunikasi ini akan kembali memberi asupan yang baik bagi perkembangan pemikirannya. Dan kemudian mengahsilkan solusi yang integral buat perbaikan, sebuah kota misalnya.

 

Fungsi Strategis Sebuah Kota

Sementara fungsi dan peran sebuah kota cukup strategis dalam menciptakan peradaban manusia. Dimana ekspresi tentang bernegara atau berperadaban adanya di tingkat kota. Tatanan masyarakat bisa diatur dan dijalankan pada strata tingkatan kota. Penataan lingkungan dan pengaturan segala fasilitas dapat diterapkan secara optimal pada tataran kota. Hanya beberapa hal saja yang kemudian harus dijalankan dengan kerja sama antar kota.

Masyarakat perkotaan harus ditopang oleh individu-individu yang memiliki potensi untuk menopang kehidupan kota. Sebagai suatu wilayah yang tidak ditopang oleh hasil alam, maka kehidupan dan denyut kota sangat tergantung dari produktifitas warga masyarakatnya. Mereka memiliki kreatifitas, memiliki kapasitas, memiliki pengaruh, memiliki peluang, dst.

Dari kota-kota yang tumbuh, maka akan menggerakkan wilayah-wilayah lain untuk tumbuh. Kota sebagai ibukota negara akan menopang pertumbuhan kota-kota di provinsi lainnya. Ibu kota provinsi akan menopang pertumbuhan di kota-kota di provinsi tersebut. Kota-kota disetiap kabupaten kota akan menopang kota-kota setingkat kecamatan. Kota-kota kecil itu akan menopang kehidupan masyarakat desa.

Demikianlah kemudian kehidupan bermasyarakat bergulir. Dan denyutnya akan sangat kita rasakan dari sebuah kota. Baik buruknya sebuah masyarakat termasuk bagaimana wajah sebuah bangsa, bisa kita lihat dari wajah kotanya.

 

Peran Blogger bagi Kemajuan Kota

Potensi blogger yang sedemikian baik dan besar merupakan sarana untuk membangun bagaimana wajah sebuah kota. Dan saya sangat yakin ekpsresi di dunia maya ini bisa tercerminkan ke dunia nyata dan berjalan dalam realitas menuju perbaikan sebuah kota.

 

Bagaimana kota yang diidamkan anda sebagai seorang blogger?

 

Blogger yang memiliki tulisan tentang sebuah kota dengan segala dinamikanya (berbentuk pendapat, pengalaman, pemantauan, dll baik yang serius atau bercanda aza) silakan di link-an di sini.

 

Tulisan terkait:

https://trendibandung.wordpress.com/2008/10/27/madinah-kota-modern-pertama/

~ by VIQEN on November 7, 2008.

20 Responses to “BLOGGER AND THE CITY”

  1. Semoga keberadaan blogger community bisa menjadi inspirasi dan jadi ajang bertukar informasi dan mempererat silaturrahim
    Btw selamat ulang tahun ya semoga dimurahkan rezeki dan dimudahkan segala urusan Amin
    Salam ^^v

  2. hmmm… hmmm… hmm…
    boleh juga nih…
    idenya sudah dapet…
    tinggal penuangannya…

    kota yang diidamkan…😕
    [seperti main game SIMCITY]🙄

    [senyum🙂 ]

  3. kota yang diidamkan…
    yang banyak terdapat akses hotspotnya di kawasan publik area dan |g|r|a|t|i|s|

    Wisata Kuliner di Solo – The Journey

  4. hidup blogger..

  5. Nanti bikin Paerta Blogger aja

  6. blogger memberi kontribusi soal
    pengembangan tata kota
    wow….ide yg bagus tuh

  7. kota idaman?
    Kota yang mengayomi dan peduli terhadap kebutuhan warganya, dan memikirkan lingkungan yang baik untuk masa depan generasi selanjutnya. Anak cucu kita.

  8. Inginku
    Bogor Cyber City
    Ciamis Cyber City
    Yang Agamis dan Sejahtera

  9. wah, saya jadi ingin ke bandung. kota yang saya idamkan adalah yang udaranya bersih dan sejuk, penduduknya saling peduli (tidak individualis), pendapat k achoey: yang agamis dan sejahtera juga oke!

  10. gw dukung blogger and the city…
    tapi mana ya dari bulakamba city…
    woi dari bulakamba, tegal, brebes, salawi gabung yo….!ke BTS Blogger

  11. sebuah ide yang luar biasa briliant
    semoga cepat terwujud deh sebuah kota impian
    yang nggak cuman ada di dalam mimpi tentunya.

    -SEMANGAT- ngeblog

  12. Siap gak bikin Ciamis cyber city😀

  13. Siap gak bikin Ciamis cyber city😀

  14. mmm mau di add ke blogroll dunk.. ^^

  15. Bandung Kota Mencari Ilmu….carilah ilmu pe kota bandung..satuju

  16. kota idaman denok.hmm..kota yg manis : masyarakat dg hati yang manis, perilaku yg manis, sikap yg manis, kayak denok yg manis (teuteup narsis)
    eh.eh..ada yg ultah ya katanya..cie..cie..met ultah ya..🙂

  17. membangun sebuah tempat dan masyarakat yang madani dengan peran para blogger….

    hemm…boleh juga.

  18. maaf, tapi udah pernah denger nih kayaknya.(ralat, harusnya “baca”) ataw mungkin saya yang salah ingat ya. tapi, ini ide gw setuju. kalo gw sih maunya cyber city. ^^kayak achoey. dan karena saya dari palembang, so saya pilih palembang cyber city.
    salam kenal ya pak.

  19. terkadang peran blogger dalam hal ini memang sangat terasa ych, apalagi klo udah kopdaran meski sebenarnya aQ juga belum pernah kopdaran tapi aQ merasa sdh ckp dekat dgn rekan sesama blogger di kotaQ sendiri🙂 Nice

  20. […] BLOGGER AND THE CITY […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: