THE MATCHMAKER

 

Tuhan,

Ajarilah kami kembali ajaran tentang cinta.

Biar kami bisa kumpulkan lidi-lidi yang berserakan ini menjadi satu

(Muhammad Iqbal)

 

Perekat yang Memimpin

Anda bisa jadi bersih. Bersih seorang diri. Namun sebagai lidi belum tentu bisa membersihkan sebuah kotoran, apalagi setumpuk kotoran, apalagi kotoran yang menggunung, bahkan mengeras, dst.

Lidi kita adalah lidi yang bersih, tapi belum mampu bersihkan kotoran. Kita harus bersatu dengan lidi lain yang meskipun masih kotor tapi kita membentuk sapu lidi bersama. Itulah yang menjadi tuntutan zaman ini sebenarnya. Tidak hanya sekedar, kita sebagai pribadi harus bersih, tetapi juga kita bersama yang lain dan terorganisir, harus bisa membersihkan. Kenapa reformasi jalan di tempat? Karena semua orang yang punya potensi tidak tahu dimana tempatnya.

KPK anggarannya 78 M setahun, tapi uang yang dikembalikan ke pemerintah dari korupsi setahun 24 M. Kasus BI adalah uang 100 M, tetapi anggaran untuk mengembalikan kepercayaan pasar dan menstabilkan pasar akibat skandal itu yang harus dikeluarkan BI adalah 5,5 M $. Padahal 100 M itu hanya 10 juta $ paling banyak. Ini cara membunuh nyamuk dengan meriam.

Berkumpul tanpa dipimpin itu seperti kita hadir dalam sebuah acara dimana berkumpul banyak orang, tempat sudah penuh, tapi tidak ada yang membuka dan memimpin acara. Tak ada yang dikerjakan bersama, semua hanya datang dan berbicara diantara mereka tentang kebaikan dan kerja bersama. Perkumpulan tersebut adalah sia-sia.

 

Matchmaker yang Inovator

Inovator adalah berfikir lebih cepat. Pikiran kita mendahului langkah kita dan langkah orang lain, bahkan langkah semua orang di bumi ini. Seorang bijak berkata:

“Jika satu kelompok itu hanya dipenuhi oleh massa yang banyak, maka kelompok itu akan punya jangkauan tangan dan kaki yang panjang tapi jangkauan mata yang pendek. Sehingga sering tersandung dan jatuhlah kalompok itu. Sebaliknya jika sebuah kelompok itu hanya punya massa yang sedikit, meskipun banyak intelektual maka kelompok itu akan memiliki jangkauan mata yang luas tetapi jangkauan tangan yang pendek, sehingga hanya bisa berangan-angan tapi kemudian bersedih”.

Maka Ibnu Qayyim mengatakan tidak boleh melihat wanita, karena itu akan mewariskan kesedihan. Pandangan mata akan diikuti hasrat, tetapi hasrat diikuti ketidakberdayaan. Maka ia hanya akan mewariskan kesedihan.

Dua tahun sebelum fathu makkah, Allah sudah menurunkan ayat: “inna fatahna …” –jika sampai masanya kalian akan masuk baitullah dengan aman. DR. Said Ramadhon al Buthi menjelaskan bahwa pada saat ayat tersebut diturunkan, mayoritas sahabat tidak tahu apa arti dari ayat tersebut. Sampai mereka mengalaminya 2 tahun kemudian dan tersadar bahwa Al-Qur’an telah mendahului mereka.

Perang Uhud sudah diramalkan 1 tahun sebelumnya pada surah Al-Anfaal, Allah sudah memperingatkan kaum muslimin agar tidak tergoda. Kenyataannya setelah perang itu benar-benar terjadi dan menyebabkan Hamzah bin Abdul Mutholib –paman nabi, Mush’ab bin Umair –sahabat yang sangat dicintai Nabi, dan 70 sahabat syahid. Allah tidak kemudian menghinakan, tetapi turun ayat “laa khoufu, walaa tahzanu…”

Kita harus menjadi perekat yang inovator hingga nanti di republik ini tercipta persatuan dan semua masyarakat Indonesia yang berbeda-beda ini akan mengatakan: “Perbedaan agama sudah tidak relevan sekarang”. Dan masyarakat Muslim akan mengatakan: “Memang andalah yang menampilkan wajah Islam dengan benar”. Untuk menjadi itu semua, Anda hanya butuh keyakinan dan senyuman, kemudian rasakan auranya dan sebarkan itu kepada semua rakyat Indonesia.

Itulah yang dirasakan para sahabat yang berperang bersama Kholid bin Walid, mereka tidak pernah bertanya strategi, taktik, tahapan seperti apa. Berperang bersama saudara Kholid saja itu sudah cukup. Begitulah semangat dengan keyakinan.

Khalid bin Walid ketika membebaskan Palestina diajak berunding oleh pihak lawan. Mereka tahu bahwa mengalahkan Khalid dalam peperangan adalah mustahil. Maka mereka berniat meracun Khalid bin Walid. Khalid tahu persis hal itu, akan tetapi Khalid tetap meminum air beracun itu untuk mengatakan: ”Dengan izin Allah, racun ini tidak akan membunuhku”, sambil membaca do’a: “Bismillaahilladzii laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi walaa fis samaa’ wahuwas samii’ul ‘aliim”

Di Afrika, semua rusa bangun di pagi hari dengan satu kesadaran, bahwa jika mereka tidak berlari lebih kencang dari singa, maka mereka akan mati dimakan. Di Afrika, semua singa bangun di pagi hari dengan satu kesadaran, bahwa jika mereka tidak berlari lebih cepat dari rusa, maka mereka akan mati kelaparan.

Saatnya setiap dari kita berpikir untuk menjadi perekat. Saatnya setiap dari kita untuk berpikir menjadi merekat. Saatnya setiap dari kita berbuat efektif karena kerekatan. Saatnya setiap dari kita untuk berpikir kerekatan itu akan menjadikan republik ini surga bagi rakyatnya. Dan saatnya itu adalah sekarang, sebelum nanti dunia itu diakhiri.

~ by VIQEN on November 20, 2008.

5 Responses to “THE MATCHMAKER”

  1. Yuk ikutan Lomba Blog, Hadiah total 10jt + handphone+ internet speedy. lihat info di http://www.audiochute.com

  2. waow…postingan yg sgt memotivasi seseorang y…
    hidup mmg harus serba cpt untuk bisa memutuksan yg terbaik untuk diri Qta…semoga aQ pun bisa menjadi manusia yg berfikir seperti itu..hehe

  3. ini adalah saatnya ! sekarang atau tidak ada hari lagi🙂

  4. Keyakinan memang hebat ya, Mas…
    Sugestinya itu lho seolah magis sekali dan membuat kita semakin bersemangat untuk memulai hari.

  5. Berjuang untuk hidup, hidup untuk berjuang..
    Ayoo semangaat lagiii…
    Kayanya kalimat ini lebih pantas buat sie sendiri deh..
    Salam ^^v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: