Orang BT di Kota

 

Kota memiliki peran strategis dalam pembentukan wajah sebuah negara dan peradaban. Dengan demikian penopang kota haruslah sedemikian rupa sehingga mampu membawa kepada peran strategis tersebut. Dan salah satu penopangnya adalah orang yang akan mengisi kota tersebut. Orang seperti apa yang tepat untuk menopang peran strategis sebuah kota?

Jawabannya adalah orang yang BT

Lho koq orang BT sih…

Ya orang yang BT. Yakni orang yang berkinerja tinggi. Dia adalah orang yang ditempa kompetensi profesionalnya melalui akumulasi proses pembelajaran, pelatihan serta pengalaman. Semakin banyak orang BT disebuah kota, ketika sang pemimpin kota mampu mengaranger mereka, maka akan membuat kota tersebut semakin memiliki peran.

Orang BT tersebut berkumpul di kota untuk menggerakkan ekonomi diseputar kota tersebut. Sesuai dengan besarnya coverage area atas peran dari kota tersebut. Layaknya seorang ibu, kota tersebut harus hadir untuk menjadi pusat pertumbuhan. Maka kemudian disebut ibu kota. Sebuah kota kecamatan menjadi penopang pertumbuhan wilayah di kecamatan tersebut. Demikian pula dengan ibu kota kabupaten, ibu kota provinsi, ibu kota negara, bahkan mungkin ibu kota bagi kota-kota di dunia.

Kota Bandung misalnya. Sebagai ibu kota provinsi, maka ia harus berperan pada pertumbuhan kota-kota di provinsi Jawa Barat. Seperti kota Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Bekasi, Bogor, Cianjur, Sukabumi, Indramayu, Purwakarta, Subang, dan kota-kota lainnya.

Bagaimana orang BT bisa hadir di kota Bandung dan berperan dalam menumbuhkan kota-kota tersebut?

Ada sebuah perusahaan dagang di kota Bandung yang memiliki jaringan toko di kota-kota tersebut di atas. Ia membangun konsep toko sedemikian rupa yang terbilang baru dan modern. Konsep itu kemudian ia terapkan di kota Bandung dengan peak performance-nya. Kemudian konsep ini ia tunjukkan kepada orang-orang di kota-kota tersebut di atas.

Pada awalnya mereka tidak percaya. Baik tidak percaya kepada sistemnya maupun tidak percaya bahwa sistem tersebut bisa dijalankan di kotanya. Melihat performance dari toko yang ada di kota Bandung tidak serta merta melahirkan keyakinan. Itu kan Bandung. Padahal mesti diingat, Bandung juga awalnya seperti Garut, atau lainnya.

Maka kemudian diambillah waktu untuk memberikan penjelasan dan pencerahan. Orang-orang BT di Kota Bandung mencoba menularkan ke-BT-annya kepada orang-orang di kota-kota tersebut. Kemudian dibantu selesaikan permasalahan-permasalahannya dengan dibuatkan jaringan untuk mengakses perbankan, teknologi, dsb.

Kemudian keyakinan tumbuh, kepercayaan meningkat, kemampuan bertambah dan waktunya tiba, mereka para pelaku ekonomi di kota-kota tersebut berkumpul di kota Bandung untuk mengikat hubungan dagang yang sehat. Sehingga mereka kembali ke kotanya dengan membawa sistem bisnis yang baru, sehat, dan maju.

Kehadiran mereka tentu akan menginspirasi pelaku-pelaku ekonomi di sana untuk menjadi penggerak kemajuan ekonomi kota bersangkutan. Dan tertunaikanlah peran sebuah ibu kota bagi pertumbuhan kota-kota yang ditopangnya. Dan demikianlah peran orang-orang BT bagi pertumbuhan kotanya sebagai ibu kota dan bagi anak-anak kotanya.

Kota besar atau ibu kota memiliki peran strategis bagi kota sekitarnya sebagai jendela kemajuan. Kota-kota disekitar akan melihat dan merujuk kemajuan dari ibu kotanya. Sehingga bila penopang ibu kota ini tidak bisa menjadi jendela kemajuan maka ia tidak bisa memberi inspirasi bagi kota sekitarnya.

Kalau sempat memperhatikan kota Makassar, maka dapat dilihat bagaimana kota ini menjadi penopang dan jendela kemajuan kota di sekitarnya. Bahkan menjadi etalase kemajuan bagi kota-kota di Sulawesi secara keseluruhan.

Memang saat ini kota Makassar sangat cepat bergerak dibandingkan kota-kota lainnya. Saya sempat berkunjung ke kota Pare-pare. Konon ini kota teramai kedua setelah Makassar. Tapi memang masih sangat tertinggal. Walau demikian nampak pertumbuhannya mulai terasa. Maka adalah peran orang-orang BT di Makassar yang harus menciptakan kemajuan bagi kota-kota diluar Makassar.

Anda sebagai blogger menjadi bagian dari penopang segala kebaikan kota Anda. Sudahkah anda menjadi penopang kota dengan berkinerja tinggi? Selalu ada kesempatan bagi Anda untuk membangun konstruksi manfaat Anda bagi sekitar Anda. Untuk itu Anda bisa ber-metamorblogis. Dari waktu ke waktu hadir menjadi blogger yang lebih punya manfaat dan powerfull.

~ by VIQEN on December 2, 2008.

8 Responses to “Orang BT di Kota”

  1. i hope so trend..:)

  2. SEMOGA KITA SEMUA JADI BAGIAN DARI ORANG BT….

  3. saya termasuk BT gak yaaa ?..hahahaha

  4. I like the positive approach..

    Semoga.🙂

  5. i love BT

  6. BT itu apaan mas?

  7. […] Orang BT di Kota […]

  8. […] Orang BT di Kota […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: