IDUL QURBAN, adalah Keberanian dan Pengorbanan (1)

Satu momentum dari empat yang ada dalam rangkaian hari besar yang diperingati. Isra mi’raj, ramadhan, ‘idul qurban dan hijrah. Hari ini lewat di depan kita.

Masing-masing sebenarnya memberi inspirasi besar dalam membuat kehidupan kita menjadi manusia yang luar biasa. Sehingga setiap tahun dalam putaran waktu yang ada membawa kita ke dalam skala hidup yang lebih baik. Lebih baik secara duniawi dan insya Allah kelak nanti di akhirat.

 

Isra Mi’raj dan Visi

Isra mi’raj menginspirasikan pembentukan visi hidup seorang manusia. Demikian peristiwa isra mi’raj merupakan proses pembentukan visi Muhammad saw. Yang kemudian Tuhan membuatkan short-cut melalui ibadah shalat. Maka isra mi’raj dan shalat adalah cara membentuk visi seseorang tentang mau ngapain kamu hidup di dunia ini? Mau nyenengin atau nyusahin?

Maka dari itu pula shalat itu menjadi strategis sebagai pass-word diterimanya amal-amalan yang lain. Artinya orang yang memiliki visi hidup yang benar akan hidup dengan benar. Maka amal-amalan lainnya yang dilakukan akan berdampak kepada kebenaran.

Iya, seorang yang memiliki visi dia akan hidup dengan jalur hidup ang sudah akan diaturnya. Dia tidak perlu teguran untuk sebuah kesalahan karena dia sudah membuat rambu-rambu, harus begini dan harus begitu untuk visi dalam masa depan yang diharapkannya itu.

Kalau minggu depan line produksi saya harus menghasilkan produk terbanyak atau 2500 pcs, itu adalah visi. Maka akibat visi itu hari ini saya harus lakukan pengamatan work-sheet, mengukur dan menghitung kemungkinan tercapai, mempersiapkan strategi, orang, kesiapan pekerjaan, dsb.

Apakah mungkin orang ini berbuat salah? Mungkin. Tapi jauh dari tidak berbuat dan kemudian disalahkan. Bahkan cenderung kesalahan dia akan bermanfaat bagi perbaikan dia sendiri yang berujung kepada kemajuan.

Berbeda dengan orang yang tidak memiliki visi. Maka ia akan tergantung kepada pemberian dan suruhan orang lain. Dan cenderung bingung untuk berbuat dan ragu kalau harus melangkah. Kalaupun berbuat ia tidak mengerti untuk apa.

Pokoknya beresin sampah, perkara dampaknya itu membuat nyaman atau tidak apa urusan saya? Tapi seorang OB yang memiliki visi dia tidak berpikir membuang sampah, tapi dia harus membuat nyaman para pegawai kantor itu. Maka dia tidak akan pernah ditegur karena terlambat membuang sampah.

Hanya karena berbeda visi, maka berbeda pulan kualitas kerja yang diberikan.

 

Ramadhan dan Kapasitas

Ramadhan menginspirasikan kegiatan keilmuan yang ‘amaliah atau dijalankan dan kegiatan ‘amaliah yang ilmiah. Secara bulan yang berlipat pahala, maka lipatan itu terjadi karena bersinerginya antara ilmu dan ‘amal.

Kalau dengan berpikir setingkat membuat beca, maka bisa mengangkut 3 orang. Setelah dijalankan maka teknologi beca bisa ditingkatkan sampai dengan beberapa kecanggihan dan mampu mengangkut lebih banyak atau lebigh variatif. Misalnya beca sayur, beca odong-odong, beca barang, dll.

Tapi kalau dipikirkan lagi dengan menambah mesin dsb, kemudian ditambah berbagai pengalaman ini dan itu mewujudlah itu seperti bis atau kereta api. Maka bisa kita perhatikan penggunaan ilmu membuat sesuatu menjadi luar biasa.

Bila sebuah line produksi bisa menghasilkan 500 potong perhari. Maka ketika dilakukan riset dari cara bergerak operator, pengambilan kerjaan, peningkatan skill, pemberian alat bantu, system reward, dsb. Mungkin saja kemudian bisa mencapai 2500 potong perhari. Waktu yang sama hasil berbeda karena dimampatkan berbagai ilmu pengetahuan dan pengalaman.

Inspirasi terbesar dari berkembangnya ilmu pengetahuan yang dekat dengan kebutuhan hidup sehari-hari adalah semangat dari ramadhan. Dimana ilmu dan ‘amal saling bersahutan untuk terus saling menguatkan. Sehingga tidak perlu ada kalimat, “itukan teori”.

Tapi setiap teori selalu bisa ditunjukkan praktiknya. Dan setiap praktik selalu bisa dijelaskan secara teoritis. Hal ini berhasil dipraktikan dalam budaya produktif Toyota. Dimana mereka terus melakukan improvement dari praktik-praktik mereka.

~ by VIQEN on December 9, 2008.

2 Responses to “IDUL QURBAN, adalah Keberanian dan Pengorbanan (1)”

  1. selamat mengambil inspirasi terbesar dari idul qurban tahun ini. untuk peningkatan eksistensi Anda tahun ini.

  2. […] IDUL QURBAN, adalah Keberanian dan Pengorbanan (1) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: