IDUL QURBAN, adalah Keberanian dan Pengorbanan (2)

Idul Qurban dan Kapabilitas

Keberanian dan pengorbanan adalah inpirasi besar dari ‘idul qurban. Keluarga Ibrahim as adalah ikon untuk semangat itu. Visi dan kemampuan yang banyak dan besar tidak akan berarti apa-apa ketika tidak take-action bergulat dengan berbagai resiko di lapangan.

Militansi sendiri memang bermuara dari visi dan kapasitas. Tapi ia harus disalurkan dengan keberanian. Militansi itu ada dalam ilmunya yang kemudian diberikan campuran peledak yang membuatnya meletus dan menembus berbagai ketidakmungkinan.

Berbagai ritual haji muncul dari sebagian besar ketidakmungkinan yang dilakukan oleh keluarga Ibrahim as. Sesuatu yang tidak mungkin namun dengan berani dilakukan oleh Ibrahim berbuah penghargaan dan pengakuan yang luar biasa.

Keberanian selalu bersanding dengan pengorbanan. Karena tidak mungkin ada keberanian selain karena siapnya melakukan pengorbanan. Dan tidak mungkin melakukan pengorbanan selain ia memiliki keberanian.

Dia karyawan biasa saja. Tetapi setiap dia mendapatkan sebuah job, ia selalu luangkan waktu untuk memikirkan pekerjaannya lebih lama. Dia pikirkan berbagai hal agar pekerjaannya bisa selesai dengan sempurna. Banyak waktu yang sebenarnya bisa dia gunakan untuk kepentingan pribadi ia pakai untuk memikirkan pekerjaan.

Belum lagi karena kemampuannya ia selalu mendapatkan line yang baru atau line yang bermasalah. Artinya dia harus bersiap dengan permasalahan tim kerja yang tidak super. Bahkan cenderung bermasalah. Tapi dia sudah mengambil resiko itu dan tertantang untuk menghadapinya.

Banyak masalah yang kemudian harus ia hadapi. Dari berbagai sudut masalah itu datang seperti mau menerkam dan mematikannya. Apakah itu cacian dari anak buah, teguran dari atasan, cibiran dari teman, dsb. Sementara pengorbanan waktu, pikiran dan terkadang harta harus dia keluarkan demi menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Tiba waktunya kemudian ternyata semua masalah itu menemukan penyelesaiannya. Line produksi yang dia pimpin menjadi line terbaik dan kemudian karena kemampuan dia menyelesaikan berbagai masalah yang banyak orang lain ngga mau ambil akhirnya dia di promosikan menjadi kepala pabrik.

Demikianlah keberanian dan pengorbanan itu diperlukan untuk melakukan penetrasi terhadap hal baru, terhadap wilayah baru. Hal baru itu tidak akan pernah terungkap selain oleh keberanian. Keberanian tidak akan pernah muncul selain kesiapan menghadapi resikonya.

 

Hijrah dan Eksistensi

Terbukanya wilayah baru merupakan tanda sebuah kemandirian. Ia tidak tergantung lagi kepada lingkungan. Bayangkan bila anda membuka wilayah perkampungan baru. Maka yang dibutuhkan adalah kemampuan secara mandiri agar kampong itu bisa memberikan penghidupan.

Kemandirian ini melahirkan kemerdekaan. Tidak ada kemerdekaan tanpa kemandirian. Omong kosong bila kita menyatakan kemerdekaan, sementara hidup kita masih bergantung kepada produktifitas orang lain atau pihak lain.

Omong besar kalau orang menuntut kemerdekaan, sementara urusan hidup hajatnya sehari-hari masih disediakan orang lain. Bahkan urusan untuk perutnya sendiri masih diberikan dengan diberikannya pekerjaan yang diaturkan oleh orang lain. Bukan atas kerjaan yang dia rumuskan dan susun atas suatu permasalahan. Bahkan untuk urusan mandi aja ngga bisa sendiri?

Semakin mandiri kita dalam memenuhi kebutuhan kita, maka semakin merdeka kita. Semakin tergantung kita kepada bagaimana orang memenuhi kebutuhan kita semakin tidak merdeka kita.

 

Demikian keempat momentum ini bila mampu dilalui dengan perenungan dan pengalaman yang kuat dari seorang manusia, maka setiap tahun ia akan menjadi seorang yang semakin berarti dan berperan dalam kehidupan ini. Ia akan memiliki eksistensi dalam kehidupannya secara luar biasa.

Apakah Anda sudah melalui peningkatan kapasitas yang semakin luar biasa dalam setiap tahunnya? Bagaimana inspirasi idul qurban bagi semangat penetrasi Anda kepada wilayah-wilayah kemampuan baru? Wilayah-wilayah bisnis baru?

~ by VIQEN on December 9, 2008.

4 Responses to “IDUL QURBAN, adalah Keberanian dan Pengorbanan (2)”

  1. selamat mengambil inspirasi terbesar dari idul qurban tahun ini. untuk peningkatan eksistensi Anda tahun ini.

  2. Selamat hari raya idul adha🙂

  3. Pesan dari Idul Qurban adalah kita kudu mentaati dan menjalankan perintah-NYA at all cost, dan pesan bahwa hidup ini perlu pengorbanan bahkan untuk beribadah sekalipun.. Ada makna keteguhan hati, keberanian berkorban, dan keikhlasan..

  4. […] IDUL QURBAN, adalah Keberanian dan Pengorbanan (2) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: