BUKAN SEKEDAR PISANG, TAPI PISANG IJO

 

http://detikbandung.com Kenalkah anda dengan pisang ijo? Yup, makanan khas Makassar ini kini menjadi pemandangan tak asing karena sepertinya tersebar di setiap sudut Kota Bandung. Entah itu di Jalan Dipatiukur, Jalan Antapani, Jalan Ciumbuleuit, Jalan Ambon, atau di Jalan Ternate.

Jangan heran, roda-roda penjual pisang ijo ini semuanya sama termasuk namanya yaitu Pisang Ijo Ala’din. Menu dan rasapun sudah bisa ditebak pasti tidak akan jauh beda meski pemiliknya berbeda-beda.

Seperti pisang ijo di Jalan Ternate yang dimiliki tiga orang mahasiswa yaitu Galih dan Aulia dari Unpad, serta Nita dari Unisba. Menurut Galih, usaha pisang ijo ini adalah franchise atau usaha waralaba. Sehingga kita tidak akan menemukan di mana pusatnya karena memang hanya tersebar di roda-roda.

Galih yang baru menjalani usaha warlaba pisang ijo ini selama empat bulan mengaku kalau dirinya adalah franchise yang ke-44 di Bandung. Itupun tercatat saat September lalu, kalau sekarang mungkin sudah mencapai angka 50.

Gimana ya ceritanya mereka bisa tertarik usaha franchise pisang ijo ini?

“Pisang ijo kan sekarang sedang menjamur di Bandung. Jadi saya dan teman-teman coba-coba buka usaha,” tutur Galih. Sebelumya, mahasiswa semester 8 ini mengenal usaha pisang ijo dari kawannya yang sudah berjualan lebih dulu.

Galih pun tertarik dan bersama teman-temannya menginvestasikan sejumlah uang untuk memulai usaha pisang ijo. Bermodalkan Rp 4,5 juta Galih sudah bisa menjalankan usaha ini dan terima beres dari mulai roda berjualan sampai seluruh menu makanan.

Walaupun diakui Galih omzet yang dihasilkan sampai saat ini belum bisa mengembalikan modal karena Galih pun harus membayar biaya sewa tempat. Tapi Galih optimis, lokasi di Jalan Ternate yang cukup strategis karena dekat dengan kawasan Fo dan distro di Jalan Martadinata akan membuat usahanya berjalan dengan lancar.

Pisang ijo, agak penasaran memang mendengar nama makanan khas Makassar ini, yang konon biasanya dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Penasaran ingin icip-icip, saya menyempatkan diri untuk menyambangi salah satu tempat makan pisang ijo, yaitu Pisang Ijo Ala’din di Jalan Ternate.

Ternyata pisang ijo itu, pisang yang dibalut dengan kulit tepung yang diberi pewarna hijau. Ada berbagai pilihan rasa yang dibedakan dari jenis vla. Mau vla duren, vla coklat, vla vanilla atau vla strawberry. Padahal aslinya, menurut pemilik pisang ijo Jalan Ternate, Galih, pisang ijo tidak menggunakan vla tapi sejenis bubur sumsum.

Di tempat ini, vla yang paling banyak diminta adalah vla coklat dan vla strawberry. Satu porsi pisang ijo terdiri dari satu buah pisang ijo yang diiris-iris tipis, lalu diguyurkan vla, taburi dengan kacang tanah, disusul taburan coklat meses dan yang terkahir adalah es batu.

Ah, dari tampilannya memang menggiurkan. Rasanya ternyata cukup enak dan segar. Kulit pisang ijo yang kenyal-kenyal berbaur dengan rasa pisang, lembutnya vla, kriuk-kriuknya kacang tanah dan ditambah kesegaran dari es. Satu porsinya pun cukup enteng hanya Rp 3.500.

Galih mengaku, saat bulan Ramadan lalu, penjualan pisang ijonya cukup laris manis. Kalau sehari-hari bisa menjual sampai habis sekitar 60 porsi. Sudahkah anda mencoba?

 

 

~ by VIQEN on December 13, 2008.

19 Responses to “BUKAN SEKEDAR PISANG, TAPI PISANG IJO”

  1. wow keren

  2. Sudahkah anda mencoba? jawabannya adalah belom!

    btw kok pake pewarna ya? kenapa ga pake perasan daun pandan/suji aja, pasti lebih mantep.. soalnya kl denger istilah pewarna yg ada di pikiran saya hanya bahan kimia aja… kan serem😕
    *kt yg punya blog: cerewet! beli juga kagak hehehehe

  3. wah keren bisa ditiru tuh🙂

  4. gw..gw..dr Makassar…hehehe…pisang Ijo mmg enak banget, sm kayak Di Bandung, masakan Bandung ‘Roti Bakar Bandung’ juga menjamur di Makassar….huehue…
    Ntar Qkasih tahu t4 mangkal pisang ijo yg paling suegerrr di Makassar…hehe…
    Rahasia paling besar sebenarnya adalah…
    lebh enak klo kulit pisang ijonya bener2 terbuat dr daun pandan asli, bukan pewarna ijo dan wangi2an pandan…dan masih banyak lagi rahasia yg bkn pisang ijo lebih mantaph..:mrgreen:
    swear lho…gud luck

  5. aq juga penggemar menu pisang ijo mas…….. uuueeeennnaaakkkkkk ttteeeennnnaaaaannnnn!!!!!!

  6. Belum pernah mencicipi…dengar juga baru hari ini…thanks infonya…

    pesan disini boleh hehehehe

  7. weeehhhhmau donk kapan neee kira kira gw bisa nyobain???? halah ngayal sampe ngiler ngiler *mode on*

  8. Kayaknya enak ya. Dari sisi bisnis, peningkatan nilai tambah pisang bisa dari rasanya yang dimodifikasi seperti itu.😀

  9. […] BUKAN SEKEDAR PISANG, TAPI PISANG IJO […]

  10. kalau ada yang tau dimana pusatnya saya minta dong? bagaimana caranya kalau saya ikut gabung???

  11. Kalo saya mau ikutan franchise nya bisa menghubungi siapa ya mbak? thx

    • nomor kontak untuk info franchise ada di banner setiap counter pisang ijo. selamat memulai bisnis ini, jadilah warga negara pejuang sektor riil. dengan perjuangan keras dan mental baja membawa negeri ini maju dan sejahtera. dan kita mulai membuat baik masyarakat banyak, dan membuat banyak masyarakat baik. merdeka!!!

  12. Kalo saya mau ikutan franchise nya bisa menghubungi siapa ya ? posisi saya ada di jakarta. saya blm pernah melihatnya.
    thx

  13. Aku mau ikutan Franchiese Pisang Ijo Aladin boleh minta telp yang bisa dihubungi di jakarta? tx.

  14. buat rekan2 yang mau Franchise Es pisang Ijo Aladin, bisa lihat di websitenya http://www.espisangijo.com

    Thanks

  15. pisang ijo…..wes,ruasa nya guanteng banget pas dengan sleraku yg suka pisang..
    btw,gmn y caranya ikut bisnis nirlaba ini…?

  16. eh iya,lokasi qu dipadang…

  17. wah da komenin pisang ijo!
    to vine n kharudin:sya ga tw klo yg d jakarta,tp kalo yg dbdg bisa hub. nita:91522315

  18. wah aku mau…..kebetulan aku lagi nganggur.pengenya buka usaha sendiri,kalo boleh tau di jakarta waralaba pisang hijau ada ga?bagi informasinya dong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: