INDONESIA NEXT

 

Pernahkah merasa cape, ketika hidup kita terlalu banyak sekat. Dengan teman satu ruangan kerja jadi tidak terlalu leluasa berkomunikasi gara-gara dia beda suku sama kita.

Ketika perayaan agama lain, kita menjaga tidak bertemu dengan seorang teman hanya karena kita tidak bisa mengucap selamat. Ketika lewat rumah seorang tetangga kita jadi sebel banget gara-gara dia mengibarkan sebuah bendera partai yang berbeda.

Akhirnya kita mikir dan bingung, mesti di mana, harus ke mana?

Bayangkan kalau sebagian besar masyarakat kita ini dalam kondisi seperti itu. Bagaimana suasana sosial kemasyarakatan yang terbentuk.

Masyarakat yang penuh sekat.

Kita harus bisa bebaskan dan kembali merdekakan bangsa Indonesia ini dari jeratan sekat itu. Partai bertambah, memecah, dan masih dipecah lagi dengan persaingan antar tokoh partai yang berebut masa secara parsial dan liar. Tanpa sense kesatuan dan kebersamaan.

Kita harus mengubah peta politik Indonesia dengan menghilangkan sekat-sekat agama, ideologi, dan suku yang ada. Kita bangun wawasan kebangsaan baru dengan mengedepankan semangat kepahlawanan dan inovasi.

Mari kita buat ”Indonesia next”, yang begitu lapang dan tanpa sekat-sekat itu. Hal itu dimulai dengan membangun tiga nilai utama, yaitu kepahlawanan, kebersamaan, dan inovasi. Itulah fondasi baru bagi Indonesia masa depan.

“Ini yang menjelaskan mengapa masyarakat Hindu Bali tidak lagi punya hambatan untuk menerima dan mendukung ’kerja baik seorang muslim’.” Demikian seseorang sampaikan kepada saya. Atas sebuah penghargaan mengedepankan sebuah kesatuan atas nilai Indonesia.

Indonesia yang satu, dengan rasa yang Indonesia banget…

Itulah Indonesia next.

 

untuk tumbuh tinggi ke atas tidak harus mencabut akar.

untuk berbuah lebat tidak harus mengganti akar.

kita hanya perlu faham,

bahwa kita harus tinggi dan berbuah dengan tanaman kita ini.

kita bisa tinggi dan berbuah bahkan lebih tinggi dan lebih lebat dari siapapun.

hanya karena kita mengolah segenap potensi dalam tanaman kita ini.

mari kita cari dan lihat pada esensinya,

tumbuh tinggi dan berbuah lebat.

berkaitan cara mari kita lihat apa yang paling tepat untuk tanaman jenis kita ini.

dan sebagai Indonesia, terlalu banyak kebaikan yang tidak perlu kita hilangkan

 

 

~ by VIQEN on December 26, 2008.

12 Responses to “INDONESIA NEXT”

  1. Indonesia mau next kemana itu tergantung kita masyarakatnya dan tentunya peran aktif dari para pemegang tampuk kekuasaan. Mau diarahkan kemanakah bangsa yang besar ini?
    Semoga aja masyarakat kita mau menghilangkan sekat2nya, termasuk gw tentunya yang masih belajar menghilangkan sekat2 ituh.

    Btw, nama blog gw blon nangkring disini tuch, tukeran link sekalian ah. (setelah sekian lama)

  2. Bangkit negeriku
    Harapan itu masih ada

    Semangat!

  3. ingaatt!! “PANCASILA” !
    Sumpah Pemuda..
    Bhineka Tunggal Ika.
    tepo sliro..

    bersama kita bisaaa!! *bisa apa ya? nyesel bilang begini😦 *
    MERDEKA!!

  4. tadi udah say it tp ko kayaknya blm masuk ya?
    *binun*

  5. wiw..membangktan semangat…hebbat…mari bersatu mewujudkan Indonesia next *hallaH*

  6. Salam kenal.
    Yah itulah keunikan manusia.. tapi saya yakin manusia di Indonesia tercinta ini masih banyak yang nasionalis dan berusaha untuk membangun negri tercinta ini.

  7. aku masih percaya akan terus ada semangat mengindonesiakan next.semangat saja selalu/
    salam hangat selalu

  8. Salam kenal ^^

    saya jadi mulai berpikir, apa yang bisa saya lakukan untuk Indonesia di tahun depan.
    Mari mendinginkan hati dan mulai berpikir jernih, demi Indonesia tercinta…

  9. Waw…Sebuah Artikel yang Inspiratif, Dalam Banget..Sepertinyanya memang tahun 2009 adalah Tahun Kebersamaan Untuk Bangsa Ini, Indonesia akan benar-benar bangkit dan bangkit benar-benar. Allahu Akbar!!! http://www.rabbanionline.blogspot.com

  10. semua manusia akan mengalami sekat-sekat itu,termasuk saya.
    Tapi,kalau terus terkukung dgn sekat2 seperti itu tak akan ada damai dalam hati kita masing2,dan tak akan bisa menghargai perbedaan itu semua.Atau kita akan menjadi manusia yg selalu terkukung oleh sekat2 yg kita bangun sendiri?

    **
    Selamat Tahun Baru,Sobat.
    Salam hangat selalu.

  11. salam kenal mas, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya…

    blognya mantap nih…Bandung euy!

  12. […] INDONESIA NEXT […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: