Inilah Kemerdekaan Itu

 

Bila kita menelusuri pemikiran kita tentang suatu hal yang hakiki, maka akan terasa begitu berat kita membuka file demi file yang ada. Masing-masing file kemudian terbuka menunjukkan suatu wajah tertentu yang kemudian kita fahami sebagai wajah khas dari file tersebut.

Memang biasanya masing-masing file memiliki isi dengan warna tersendiri. Bahkan terkadang antara satu file dan file lainnya seperti bertolak belakang. File A menyarankan lakukan ini, sementara file B menolak itu.

Pencarian kita akan berakhir ketika terjadi setidak-tidaknya 2 hal. Ketika kita sudah membuka semua file dalam sebuah folder atau saat kita bisa menemukan judul folder tersebut tanpa harus membuka semua file yang ada. Artinya kita sampai kepada suatu penyimpulan.

Menemukan folder. Itulah saat kita berteriak “aha!”. Adalah saat dimana kita menemukan sebuah kata/kalimat yang menyimpulkan file-file yang sudah terbuka ke dalam suatu rumpun kesimpulan. Dimana nama folder ini menaungi file-file serumpun tersebut. Itu terjadi karena keluasan maknanya.

Dengan keluasan makna yang disandang folder itu maka ia bisa menghimpun file-file yang berbeda-beda warna. Bahkan mampu menghimpun file yang berbeda secara ekstrim dan bertolak belakang. Ibarat lampu hijau dan lampu merah yang memiliki peran yang bertolak belakang. Tapi ketika dihimpun dalam “lampu sistem pengatur lalu lintas” maka keduanya bisa disatukan.

Kemerdekaan berarti kita keluar dari kesempitan sekat-sekat kepada keluasan dan dunia tak berbatas. Dimana semua hal berbeda menjadi berpadu. Dimana semua hal ekstrim memperindah kontras. Dimana keberagaman hanya menambah kayanya harmoni suara keseluruhan.

Itulah kondisi dimana kita itu diatas dan tidak ada yang mengatasi. Sebuah pengakuan elegan dari semua pihak atas kesadaran pengayoman yang dirasakannya. Untuk keistimewaan itu, diperlukan mereka yang sangat istimewa. Bisakah itu kita?

~ by VIQEN on January 19, 2009.

One Response to “Inilah Kemerdekaan Itu”

  1. bisa saja, ga da yg ga mungkin, yng penting ora et labora.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: