Jika Blog Dibajak, Siap-siaplah Terkenal

Selasa, 20/01/2009 20:31 WIB

Andrian FauzidetikBandung

Masalah pembajakan masih menghantui blogger. Namun anda patut bangga jika karya anda diblog di copy paste oleh orang lain. Semakin dibajak blog anda maka semakin terkenal blog tersebut.

“Jangan takut dicuri. Tapi kalau kita takut dicuri jangan ditaruh di blog. Taruh di lemari. Karena dengan dibajak, secara tidak langsung orang yang membajak mempromosikan blog kita,” ujar CEO Asian Blogging Network Budi Putra di ComLabs ITB usai talkshow yang digelar oleh Bandung Blog Village, Senin (19/1/2009) sore.

Menurut Budi, blogger tidak akan bisa mencegah copy paste karyanya oleh orang lain. Karenanya saat ini model copyright sudah tidak efektif lagi.

“Susah. Karena susah, ya sudah bebaskan saja. Saat ini yang dipakai adalah creative command lisence. Artinya anda boleh pakai tapi sebutkan sumbernya,” papar pria yang meninggalkan profesi wartawannya untuk menjadi full time blogger ini.

Senada dengan Budi, Vice President Publisher Detikcom Donny BU juga mengaku cara-cara legalisasi karya tidak cukup efektif. Menurutnya selain waktu untuk mengurus hak cipta dan hak paten juga biaya yang dikeluarkan cukup besar.

“Terlalu lama. Jika kita mengajukan hak cipta dan hak paten, prosesnya selama 11 bulan. Nah, kalau ditengah proses ada yang mengajukan hal yang sama, ini bisa lebih lama lagi. Ada proses hearing dan segala macam,” katanya.

Pengalaman dibajak rupanya juga dialamai oleh Jonru, pendiri penulislepas.com. Namun bukanya dirugikan, Jonru malah diuntungkan setelah karyanya dibajak orang.

“Karena dibajak, saya diakui sebagai penulis internasional. Intinya orang membajak tulisan kita karena tulisan kita dianggap bagus. Resiko dibajak tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan dampak positifnya yang besar,” katanya.

Jadi, semakin dibajak blog anda maka siap-siap untuk terkenal.

~ by VIQEN on January 20, 2009.

4 Responses to “Jika Blog Dibajak, Siap-siaplah Terkenal”

  1. leres pisan kang, komo upami aya fee nya duh teu kabayang pisan kaya mendadak lah hehehehe

    upami abdi mah lah hanya berharap postingan saya bisa jadi bahan inspirasi buat saya khususna umumna buat pembaca yang budiman itu aja lah…

  2. salam kenal dari bandung

    yang penting jangan sampai yang di bajak harga diri anda bisa berabe kata orang betawi

    Betapa menyedihkan, mereka yang hidup dalam kubangan kemiskinan selalu dijadikan barang dagangan dalam setiap ritual politik pemilu

    http://esaifoto.wordpress.com

  3. Merasa familiar dengan nama orang yang bikin artikel berita itu..

  4. Yes bener banget kang. Kayak e-book punya jokosusilo yang formulabisnis itu khan juga banyak yg bajak katanya ehhh trus harga e-booknya dinaikkan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: