Orang-orang Hebat Untuk Indonesia

 

Kembali saya mendapatkan keyakinan yang luar biasa tentang masa depan gemilang negeri ini. Setelah menyimak sebuah cerita tentang kredibiltas seorang Dul dari Ambon, yang sigap dalam menyelesaikan masalah yang nyaris sulit diselesaikan. Ia bisa membuktikan penguasaan bidang kerja dan wilayah kerjanya. Sekaligus membuktikan kehebatan seorang Indonesia menerobos ketidakmungkinan.

Dari sekian banyak cerita orang-orang Indonesia yang hebat ini, saya tidak habis pikir kalau negeri ini masih digambarkan dengan sangat  pesimis. Indonesia yang dipenuhi oleh orang-orang muda dengan semangat muda, pantang menyerah, berani dan selalu mampu menerobos ketidakmungkinan.

Pelatihan SDM fresh graduate kali ini berbarengan dengan kondisi krisis global. Sebagai bisnis yang masih ekspansif, tetap saja ada gangguan dalam keuangan. Apalagi perbankan yang lebih menahan pencairan pembiayaan. Terutama cashflow yang jadi super ketat. Sehingga semua budgeting dievaluasi ulang dan harus dicarikan terobosan untuk dihemat.

Kami biasa memanggil para trainee ini dengan sebutan MUJAHID. Tidak berlebihan kami sematkan mujahid kepada mereka, karena mereka, memang mujahid, mau berbuat baik dengan sungguh-sungguh. Dan bukan mau jahat. Ya, bukan mujahat, tapi mujahid.

“Bagaimana nih pak keuangan ngga bisa cairin SPJ buat pelatihan?”

Begitu orang SDM nyerocos cukup panjang lebar setelah sebelumnya masuk ke ruangan saya dan mencoba duduk nyaman di kursi tamu di depan meja kerja saya. Sebelum selesai bicaranya, saya meminta dia memanggil dulu orang keuangan dan PJ trainingnya, sekaligus bagian marketing.

Berlima kita bicarakan permasalahan ini. Sampai kepada satu kesimpulan. Keuangan tidak mengeluarkan SPJ. Dan kemudian dibuat setting bahwa training kali ini diberi tantangan untuk menghadapi kondisi real dalam bisnis. Dengan resiko, pengorbanan dan rejekinya yang nyata.

Kemudian para mujahid ini dikumpulkan, diberi motivasi dan diberikan tantangan itu. Luar biasa, semua menyambut dengan antusias. Mereka siap membiayai perjalanan dan biaya hidup selama berada di toko-toko cabang di beberapa kota di Jawa Barat. Dan mereka baru menikmati hasil dari pertambahan omzet toko yang dia pegang.

Berangkatlah mereka semua menemui takdirnya sendiri-sendiri. Menyongsong rezekinya masing-masing. Dan mencoba menjawab tantangan yang diberikan dengan mengelola resiko yang menyertainya.

Hebat! Salut! Pantas saya acungkan jempol pada mereka. Para mujahid yang fresh graduate dengan pengalaman yang minim. Kemudian mampu melahirkan terobosan-terobosan marketing yang berbuah omzet. Menurut mitra-mitra para  pemilik toko di daerah yang didatangi itu mereka mengakui pelonjakan omzet itu. Dan kemudian terjadi adanya arus pertambahan konsumen ke toko mereka.

Tentu saja, setelah kalkulasi dari akunting, saat ini para mujahid ini sudah pasti menikmati hasil yang luar biasa juga atas keberaniannya, atas kerja kerasnya.

Indonesia, negeri yang subur maknur dan tenang ini, ternyata tetap melahirkan orang-orang yang hebat. Kenyataan hidup yang banyak orang mencitrakannya dengan sebutan krisis telah menjadi kawah candra dimuka tersendiri buat mereka.

Denger kata candra dimuka saya langsung nyela, “inilah kawah candra dimuka itu, atau kawah dimuka candra,” hehehe… maklum manajer marketing yang membimbing mereka namanya Candra Rahmad.

Lagian dia juga bikin program marketing yang dikasih nama “TEBAR RAHMAT”. Saya langsung nyela lagi, “pak Candra saya mau tanya dulu, “TEBAR RAHMAT” nya itu pake T atau pake D?” hehehe…

Maaf bercandra…

Maju terus generasi muda Indonesia. Bangkitkan harapan, songsong masa depan menjadi bangsa penguasa peradaban.

~ by VIQEN on February 4, 2009.

9 Responses to “Orang-orang Hebat Untuk Indonesia”

  1. Iya Kang …
    Banyak kok orang-orang muda yang handal …
    Banyak juga orang-orang tua yang bijak
    Banyak juga anak-anak berpotensi
    Yang siap membangun negeri …

    Asal jangan dipelintir saja dikemudian hari …

    Tetap semangat Kang …
    Salam saya

    (And as ussual … Kang Trend selalu bisa membuat hati saya bahagia..)

  2. nice blog. aku nyasar kesini nih.
    mari berteman ^^

    btw, main2 ke blog happy ya. n jangan lupa komen. makasi.

  3. semangat terus kang.

  4. Saya yakin
    Indonesia ke depan kan makin gemilang
    Jika kita segera menyadari
    Bahwa kiprah kita teramat berarti

  5. pake D kang, biar lebih mantaBbb….

  6. Yak..saya sepakat dengan kalimat terakhir: Bangkitkan harapan, songsong masa depan menjadi bangsa penguasa peradaban.

    Sekecil apapun langkah, generasi muda mesti punya sesuatu yang bisa bermanfaat untuk bangsa ini. Di Growing Fun, itu salah satu misi kami.

    Salam kenal, Kang…:)

  7. Om trend..🙂
    Lama gak kesini, themes baru makin seger..🙂
    dan postingannya makin manteb aja.. sipp deh..

  8. […] Maka Anda lah yang hebat itu. Coba perhatikan ini… KLIK > ANDA HUEBBATH!!! […]

  9. Msmpir bentar om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: