MENGENANG MUHAMMAD SAW SEBAGAI FIGUR PEMERSATU DUNIA

 

Tak bisa dipungkiri, sejarah menunjukkan Muhammad saw sebagai perubah wajah dunia. Rasa kebersamaan manusia sejagat terasa di mana-mana saat itu. Kedamaian tercipta dan menjadi tema sentral atau rujukan bersikap. Ilmu pengetahuan, seni dan segala bentuk kemuliaan ditinggikan.

Padahal sebelumnya beliau berada di masyarakat arab yang tidak dilirik oleh peradaban saat itu dengan budaya gampang berselisih dan doyan perang. Di jazirah arab suasana kehidupan begitu barbar dan penuh dengan perebutan dominasi atas dendam kesumat.

Namun Muhammad saw hadir dengan prestasi pertama mendamaikan suku Auj dan Khajraz di Madinah. Prestasi berikutnya mempersaudarakan suku di Madinah dengan pendatang dari Makkah.

Setelah itu terwujud tata kemasyarakatan untuk sebuah kesatuan dan kedamaian yang maju dan mensejahterakan. Bukan menciptakan sebuah Negara aggressor yang kemudian berperang ke sana ke mari untuk menambah wilayah kekuasaan.

Tapi membuat sebuah miniatur masyarakat yang mencintai kedamaian dan bersatu untuk perbaikan peradaban ini. Jadi bukan membentuk Negara, tapi membentuk magnet kesatuan umat manusia di dunia ini.

Kalaupun kemudian beliau melakukan beberapa kali peperangan fisik, itu terpaksa dilakukan karena bahasa yang ada pada saat itu adalah perang fisik. Sehingga setelah cara yang lebih lunak dilakukan tidak memberikan hasil maka hanya di 10 tahun terakhir beliau mengambil pilihan berperang.

Tapi kemudian beliau up-grade perang yang semula dendam kesumat menjadi perang penuh taktik dan strategi. Artinya bergeser lebih ke arah perang adu kepintaran. Kalau perlu mengalahkan musuh tanpa berperang. Kalau perlu kemudian musuh bisa mengerti niat baik kita dan berangkulan. Praktik perangpun diberikan koridor etik untuk menjaga perang tetap manusiawi.

Terbukti setelah itu sebagian besar wilayah di dunia merapat dan bersatu untuk satu kata, membuat damai. Kedamaian ini yang dibutuhkan oleh setiap dari kita untuk mencapai kemajuannya memberi manfaat bagi alam semesta dan mengabdi kepada Tuhan. Sehingga tidak sulit untuk melakukan perluasan pengaruh tersebut. Karena yang disebarkan adalah semangat kedamaian.

Demikian kita kenang Muhammad saw sebagai seorang tokoh sepanjang peradaban manusia untuk alam semesta ini. Dia adalah milik semua manusia yang pernah ada. Terutama menjadi inspirasi bagi manusia akhir zaman ini. Untuk segenap aktivitas penuh kesuksesan yang pernah beliau tunjukkan kepada dunia ini.

 

 

 

~ by VIQEN on March 10, 2009.

8 Responses to “MENGENANG MUHAMMAD SAW SEBAGAI FIGUR PEMERSATU DUNIA”

  1. kunjungan perdana

  2. Islam Agamaku Muhammad Rasulku

  3. Nabi Muhammad SAW, sang Murabbi…

    jazakillah khoir ya atas tulisannya pak..

    speechless

  4. Islam agamanya blue dong.
    mati said cita cita blue………….salam hangat selalu
    menghargai dan toleransi antar agama yg berbeda adalah keinginan blue.

  5. pertamaaaxx. aja dech
    salam kenal….,

  6. Islam Agama ku..
    Lanjutkan perjalanan hidup dengan kebaikan…

    Salam

  7. Muhammad SAW really my Idol

  8. hamba Rindu pada mu ya Rasul..😐

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: